Sosialisasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN)
Selain Pelatihan Kepribadian dan Teknologi, Kantor Pelayanan Terpadu Perizinan Kabupaten Rokan Hulu juga mengadakan Sosialisasi Pelayanan Administrasi Kecamatan (PATEN) sebagai upaya untuk menciptakan pelayanan prima kepada masyarakat dengan memberikan materi pelayanan kepada aparatur pemerintah terutama yang berhubungan langsung dengan masyarakat yaitu Kecamatan. Juga melaksanakan amanat Peraturan mentri Dalam Negri No. 4 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN)

Adapun tujuan dari sosialisasi ini adalah Pelayanan administrasi terpadu kecamatan juga memberikan kontribusi terhadap peningkatan kinerja pelayanan terpadu di tingkat kabupaten. Sistem pelayanan administrasi terpadu kecamatan, atau disingkat dengan PATEN inilah yang akan disosialisasikan kepada Aparat dan petugas pelayanan di kecamatan di lingkungan pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Sekretaris Camat dan Kasi Pemerintahan).

Dengan diadakannya Sosialiasi PATEN ini diharapkan dapat meningkatkan Palayanan Aparatur dan tersedianya tenaga Pelayanan yang mampu:
1. memahami kerangka dan agenda optimalisasi fungsi kecamatan;
2. memahami arti pentingnya PATEN dalam rangka optimalisasi kecamatan.
3. memahami tentang perbedaan PATEN dengan pelayanan konvensional.
4. memahami pentingnya penyusunan Prosedur Tetap (SOP) dalam proses perbaikan pelayanan.
5. mempunyai rencana penerapan PATEN untuk kecamatan-kecamatan di Rokan Hulu.

Sosialiasasi ini dilaksanakan dari hari senin tanggal 22 November s/d kamis tanggal 25 November 2010 di Hotel Sapadia Jl. Tuanku Tambusai, Pasir Pengaraian. Dengan fasilitator  Pelatihan ini akan melibatkan instruktur, fasilitator dari Direktorat Jendral pemerintahan Umum Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia dan AUS AID (Bantuan Australia) dan Peserta Sosialisasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) ini berjumlah 32 (tiga puluh dua) orang terdiri dari Sekretaris Camat/Kasi Pemerintahan dan Staf yang membidangi Pelayanan pada Masing-masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.

Adapun materi/metode Pembelajaran Kegiatan pelatihan ini menggunakan metode ceramah,presentasi, curah pendapat,diskusi/kerja kelompok,tanya jawab,praktek lapangan/simulasi dan permainan. Daerah yang menjadi kunjungan (Studi Banding) nya adalah Kantor Pelayanan Terpadu Perizinan sebagai bandingan dan sebagai contoh untuk Kecamatan-kecamatan lainnya dan ke Kecamatan Rambah.  

Dengan terselenggaranya Sosialisasi Pelayanan Administrasi Kecamatan (PATEN) di Kabupaten Rokan Hulu dan telah diterapkannya sistem ini dikecamatan Kepala Kantor Pelayanan Terpadu Perizinan Kabupaten Rokan Hulu diminta oleh Ditjen PUM Kemendagri di Jakarta untuk menjadi Pembicara/fasilitator pada Rapat Fasilitasi

Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Kecamatan (PATEN) di Daerah karena Kabupaten Rokan Hulu merupakan Kabupaten yang ketiga dalam penyelenggaraan PATEN dan sebagai contoh bagi daerah-daerah lain yang belum menerapkan system ini. Dimana dalam penyampaian materi ini menyampaikan bagaimana langkah-langkah dan kiat-kiat yang dilakukan oleh KPTP Rokan Hulu dalam pelaksanaan PATEN.

 

Galeri Photo

Polling

Bagaimana penampilan web KPT Rokan Hulu ?
 

Statistics

Anggota : 38
Konten : 95
Link Web : 1
Kunjungan : 133578
Kami memiliki 9 tamu online